2012-07-19

Festival Hamaorisai di Chigasaki

Di Jepang, sepanjang tahun banyak sekali festival hampir di seluruh tempat di Jepang, tapi musim panas adalah musim terbanyak festivalnya. Salah satu acara yang banyak dilihat di festival Jepang adalah memikul Mikoshi rame-rame.
Mikoshi adalah semacam tandu yang dianggap suci dari kepercayaan Shinto. Mikoshi ini dipikul rame-rame dengan rute yang ditentukan.
Yang unik di Festival Hamaorisai di kota Chigasaki, tak jauh dari Yokohama, adalah mereka memikul Mikoshi ini sampe masuk ke laut.
Ini yang belum pernah MJ liat selama MJ tinggal di Jepang.
Yang unik lagi adalah banyaknya kuil Shinto yang berpartisipasi di festival ini. Puluhan kuil ikut berpartisipasi dengan tiap kuil mengirim Mikoshi mereka sendiri. Jadi bisa dilihat banyak Mikoshi berderetan.
Di zaman dulu, mereka pada memikul semalaman dari kuil mereka ke tempat festival di Pantai Southern di Chigasaki, tapi sekarang mereka mengangkut dengan truk sampai di dekat tempat festival, baru memikul ke tempat upacara pemberkatan.
Sebagai info, Mikoshi itu bisa berberat ratusan kilo.
Festival Hamaorisai diadakan setahun sekali pada Marine Day atau Hari Laut (tanggal merah di Jepang), taon ini jatuh pada hari Senin lalu 16 Juli 2012.

Menggotong Mikoshi sampe ke laut

Menggotong Mikoshi rame-rame

Upacara Pemberkatan

Deretan Mikoshi selama upacara pemberkatan