2012-12-14

Nengajou, Kartu Tahun Baru ala Jepang

Salah satu tradisi orang Jepang dalam rangka menyambut tahun baru adalah mengirim kartu selamat tahun baru ke teman dan kerabat.
Kartu yang digunakan adalah standard kartu pos tahun baru yang dikeluarkan oleh Kantor Pos Jepang. Kantor Pos Jepang, salah satu per-pos-an terhebat di dunia, berjanji kartu pos tahun baru itu akan sampai di tempat tujuan tepat tanggal 1 Januari.

Selain mengucapkan "Selamat Tahun Baru" atau dalam bahasa Jepang "Akemashite omedetou gozaimasu", kebanyakan orang Jepang menulis tentang keadaan mereka yang terbaru, seperti kalo mereka menikah, atau kelahiran anak, atau pindah rumah.
Kebanyakan juga ditampilkan gambar binatang sesuai "shio" (zodiak China) di tahun yang baru, seperti tahun 2013 adalah tahun ular, maka di Nengajou kali ini, kebanyakan orang menampilkan gambar ular.

Meski dengan meluasnya internet, lalu lintas kartu pos tahun baru tradisional berkurang, tradisi ini pasti tidak akan hilang dalam jangka waktu yang cukup lama.

MJ tiap tahun juga mengirim Nengajou ke teman2, terutama teman2 yang berjauhan, dan sekarang ini sedang lagi membuat.

Contoh Nengajou bolak balik, halaman depan (kiri) dan belakang (kanan).  Gambar harimau karena tahun 2010 adalah tahun harimau.

Contoh Nengajou, halaman belakang.  Gambar sapi karena tahun 2011 adalah tahun sapi.

No comments:

Post a Comment